sub.bag. akademik fp – ub

19Apr/120

atasi kejenuhan saat bekerja

Banyak karyawan yang telah bekerja, mengalami kejenuhan ketika mereka terlibat lebih dalam di dunia kerja Berikut adalah beberapa cara yang anda dapat terapkan sehingga anda mampu mengoptimalkan energi dan kemampuan anda selama bekerja:

1. Selalu tersenyum menyambut hari kerja baru
Jika anda bangun dan berangkat kerja dengan hati yang gembira, memikirkan ide-ide baru dan inovatif yang anda dapat torehkan dilingkungan kerja pada hari tersebut, serta betapa menyenangkan bekerja dengan atasan dan rekan yang sangat tangguh. Apabila anda berpikir demikian, maka setiap pekerjaan yang anda lakukan hari itu tentu akan terasa lebih ringan.

2. Membuat List atau jadwqal yang akan dikerjakan
luangkan waktu untuk memikirkan hal-hal apa yang selama ini tertunda untuk terselesaikan tugas-tugas yang akan datang. kenudian catat target-target kerja yang hendak anda benahi hari ini. selain memudahkan bagi anda mengontrol pekerjaan menjadi sistematis, catatan tersebut dapat mencegah anda mengalami simdrom "lupa" yang sering kali di jadikan alasan bagi sebagian orang.

3. Menerima tugas dengan pikiran posistif
"Tugas lagi, tugas lagi, kemarin saja belum selesai, sekarang sudah ditambah lagi tugas baru?" mungkin hal tersebut yang terlintas di pikiran anda saat atasan memberikan mandat kerja baru kepada anda. segera hentikan pemikiran negatif tersebut. akan lebih baik jika anda segera mengalihkan pemikiran negatif tersebut ke pemikiran positif.

4. Bekerja dengan cerdas (secara individu dan team)
Hal yang perlu anda sadari ketika terjun dalam dunia kerja adalah, ada waktunya anda diharapkan menyelesaikan tugas secara individu. Tapi ada pula waktu-waktu tertentu di mana anda di minta untuk "bermain" dan terlibat aktif dalam suatu kelompok kerja. Oleh karena itu, nyatakanlah, ide dan pemikiran anda secara berani. biarkan orang lain tahu bahwa nada peduli dan ingin memberikan kontribusi bagi kemajuan perusahaan tempat anda bekerja. Namun seimbangkan juga hal tersebut dengan untuk mendengarkan orang lain.

5. Akui kesalahan, Kemukakan keterbatasan
Anda ngga perlu malu mengakui kelemahan dan keterbatasan anda. dengan mengemukakan keterbatasan yang anda miliki saat menyelesaikan tugas yang dipercayakan oleh atasan, maka anda akan terbuka suatu peluang bagi anda untuk mempelajari cara pemimpin anda untuk melakukan promblem solving terhadap suatu masalah. Selain itu, anda juga dapat mempelajari faktor-faktor resiko yang perlu di pertimbangkan oleh atasan anda sebelum dia akhirnya mengambil keputusan.

6. Ucapkan terima kasih
Ada baiknya anda pamitan pulang sambil mengucapkan terima kasih atas sikap yang saling kerja sama dan saling mendukung yang terjadi di sepanjang hari tersebut. selain menujukan sikap terima kasih dan menghargai orang lain, anda juga perlu memberikan penghargaan pada diri sendiri. Belajarlah untuk menghargai diri sendiri dengan cara mengucapkan terima kasih dan pujian pada diri sendiri. Jadi ucapkanlah "Terima kasih tubuhku, karena kamu telah membantu saya untuk memberikan hasil yang maksimal bagi lingkungan pada hari ini".

Sumber: http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/public-speaking/2170831-bagaimana-cara-mengatasi-kejenuhan-dalam/#ixzz1sPzLX2Gz

Filed under: UMUM Leave a comment
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Trackbacks are disabled.