sub.bag. akademik fp – ub

3May/12Off

gaya hidup sehat

Sangat mudah mengatakan, “ayo, hidup sehat!”, tapi faktanya sering kali kita lupa aspek-aspek penting dalam menunjang gaya hidup sehat tersebut. Setidaknya, ada empat kunci yang harus dilakukan.

Pola makan sehat
You are what you eat…! Kalau kita ingin sehat, tentu makanan yang masuk ke tubuh haruslah memenuhi kriteria sehat. Pola makan yang benar meliputi:

Jumlah & komposisi makanan
Seimbangkan jumlah kalori yang masuk dengan energi yang dikeluarkan. Jumlah kalori yang lebih besar dari energi yang keluar, bisa menyebabkan berat badan berlebih. Di samping jumlah, komposisi untuk sekali makan pun harus lengkap dan seimbang. Kekurangan nutrisi bisa dilengkapi dengan konsumsi suplemen.

Jenis makanan
Upayakan mengonsumsi makanan bervariasi. Karbohidrat misalnya, pilih yang berserat tinggi, seperti gandum atau beras merah. Disarankan mengonsumsi sayur dan buah 5 – 9 porsi per hari. Pilih sayur dan buah yang berwarna karena kaya antioksidan. Cermatlah memilih lemak yang bersahabat dengan tubuh. Misalnya gunakan minyak zaitun daripada minyak kelapa sawit.

Jadwal makan
Penting untuk memperhatikan jadwal makan sehari-hari. Lebih baik makan dalam porsi kecil namun sering dan teratur. Jadwal makan yang baik adalah sarapan pagi – makan siang – makan malam.

Pola gerak tubuh

Melatih gerakan tubuh secara rutin akan memperlancar sirkulasi darah sehingga tubuh tetap bugar. Luangkan 30 menit setiap hari untuk olahraga ringan atau sedang, seperti jogging atau jalan cepat keliling kompleks rumah. Manfaat yang lebih optimal bisa diperoleh apabila Anda rajin berlatih di fitness center 3 – 4 kali seminggu. Banyak pilihan jenis olahraga di sana, tergantung apa tujuan Anda. Melangsingkan atau pembentukan tubuh. Tidak punya cukup waktu karena sibuk? Anda bisa menyiasati gerakan tubuh melalui kegiatan sehari-hari. Memperbanyak jalan kaki dan naik-turun tangga, baik di kantor, mall, dan tempat lainnya.

Pola istirahat berkualitas
Tubuh juga perlu waktu untuk memperbaiki dan meregenerasi sel-sel tubuh. Tidur 6 – 8 jam sehari, selain memperbaiki sel tubuh, juga membantu memulihkan energi yang terpakai.

Tips tidur Anda nyenyak di malam hari:

Buatlah ruangan tidur senyaman mungkin.
Jauhkan dari tv & komputer. Penerangan yang minim akan membantu suasana senyap, pikiran pun jadi lebih tenang.
Jangan biasakan membawa pekerjaan kantor ke rumah.
Hindari minuman berkafein.
Kegiatan relaksasi sebelum tidur, seperti membaca novel atau mendengarkan music mungkin bisa membantu tidur Anda lebih lelap.
Atur suhu udara kamar tidur sesuai kenyamanan Anda.

Pola pikir positif
Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula. Berpikir positif menjadi salah satu cara dalam menyehatkan jiwa. Mulailah berpikir positif dengan cara:

Mensyukuri apa yang telah diperoleh.Obsesi berlebih yang tidak dibarengi dengan kemampuan, hanya akan membuat stres.
Singkirkan segala pikiran negatif yang terlintas dalam benak Anda.
Tidak perlu menggubris rumor karena hanya akan membuat kita larut pada hal yang sia-sia.
Membuka diri dari berbagai saran dan ide yang mampu memotivasi diri menjadi lebih baik.

Filed under: tips sehat Comments Off
Comments (0) Trackbacks (0)

Sorry, the comment form is closed at this time.

Trackbacks are disabled.