sub.bag. akademik fp – ub

1Nov/12Off

Ketahanan Pangan Salah Satu Kunci Kemajuan Bangsa

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Ir. M. Hatta Radjasa menyampaikan beberapa hal penting terkait ketahanan pangan di depan ribuan mahasiswa Fakultas Pertanian (FP) Universitas Brawijaya. Hatta hadir memberikan kuliah tamu dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-52 FP UB. Tema pada kuliah tamu saat itu adalah Strategi Pemerintah Dalam Memperkokoh Ketahanan Pangan Nasional.

Selain diikuti oleh mahasiswa FP UB, kuliah tamu diikuti oleh seluruh Pimpinan UB dan FP UB. Acara berlangsung di Gedung Olah Raga (GOR) Pertamina pada Rabu (31/10). Hadir pula pada acara tersebut adalah Menteri Riset dan Teknologi, Menteri Kehutanan, Direktur Bulog, dan Wakil Gubernur Jawa Tmur.

Mengawali paparannya, Hatta menyampaikan bahwa ada tiga penyebab suatu negara yang akan gagal untuk menjadi negara maju. Pertama adalah gagalnya membangun infrastruktur yang layak. Gagalnya memberikan program perlindungan sosial kepada masyarakat. Dan yang ketiga adalah gagal membangun kemandirian pangan.

Kemandirian pangan di Indonesia sudah tidak dapat ditunda lagi. Karena sumber daya alam Indonesia sudah sangatlah cukup untuk menciptakan kemandirian pangan tersebut. Yang perlu diperhatikan adalah butuh strategi dan penanganan yang tepat agar kemandirian pangan bukan hanya menjadi slogan saja.

Lebih khusus lagi kemandirian pangan juga dapat dikatakan sebagai ketahanan pangan jika selain adanya ketersediaan bahan pangan, tetapi juga adanya keterjangkauan harga pangan tersebut oleh masyarakat.

Strategi yang dilakukan oleh pemerintah diantaranya adalah dengan melakukan percepatan transformasi ekonomi. Penguatan terhadap konektivitas nasional dengan jalan melakukan sinergi pusat-pusat pertumbuhan dan pemerataan infrastruktur dasar. Mengembangkan kemampuan Sumber Daya Manusia dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) Nasional.

"Jika Indonesia ingin menjadi negara yang maju dimasa mendatang, ketiga syarat utama untuk negara maju diatas harus dapat dilaksanakan. Salah satunya adalah pencapain ketahanan pangan nasional. Tanggung jawab tersebut bukan hanya diberikan kepada pemerintah, akan tetapi juga harus menjadi tantangan bagi mahasiswa Pertanian di UB pada khususnya," ungkap Hatta.
sumber

Filed under: kegiatan Comments Off
Comments (0) Trackbacks (0)

Sorry, the comment form is closed at this time.

Trackbacks are disabled.