sub.bag. akademik fp – ub

15Dec/120

Praktik Langsung Mata Kuliah Kewirausahaan FPUB

Problem yang dihadapi enterpreneur saat ini adalah aspek pasar. Untuk menjadi seorang entrepreneur mereka harus memiliki inovasi produk, poin ini menjadi penting karena di kewirausahaan kita ajari mereka icon Amati, Tiru dan Modifikasi (ATM). Strategi pemasaran juga merupakan aspek penting, karena kita mengembangkan produk yang sudah ada pasar dan bagaimana bersaing merebut pasar. Dengan segmentasi pasar yang sudah terbentuk sebenarnya cukup mudah untuk mengembangkan produk jika mahasiswa jeli, ujar Riyanti Isaskar, SP., M.Si. selaku Koordinator Lapang acara Bazaar Kewirausahaan (13/12) yang dilaksanakan di lapangan parkir BP FPUB.

Tema Pengembangan Inovasi Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kali ini diangkat dengan harapan mahasiswa dapat belajar dan mengembangkan produk yang sudah ada di UMKM atau menjadikan UMKM sebagai contoh dalam menciptakan produk baru. Kriteria penilaian Juri atas produk kreasi mahasiswa yang mengikuti MK Kewirausahaan mulai Inovasi Produk yang terdiri dari kreasi produk, kemasan, penyajian, penampilan hingga rasa. Berikutnya adalah Keuangan dimana mahasiswa harus bisa menghitung margin harga produk sampai pembukuan dari awal hingga akhir sehingga dapat dilihat kelangsungan hidup usaha. Yang ketiga adalah kriteria Social Benefit atau manfaat sosial untuk menjadi nilai tambah bagi produk yang mereka tawarkan. Terakhir, Strategi Pemasaran menilai bagaimana mahasiswa mempromosikan produk dan menyebarluaskan informasi yang ada mengenai produk mereka ke masyarakat sekitar.

Sebanyak 21 kelas Agroekoteknologi dan Agribisnis mengikuti Bazaar Kewirausahaan dan mempresentasikan produk mereka di depan tim juri yang langsung mengunjungi masing-masing stand bazaar. Nilai yang terkumpul nantinya juga menjadi salah satu kriteria total nilai mahasiswa dalam kuliah Kewirausahaan selain UTS, UAS, Tugas serta Quiz.

Riyanti menambahkan, mahasiswa sebaiknya jangan hanya sekedar menikmati produk atau jasa, tapi belajar melihat segala sesuatu sebagai peluang usaha yang bisa dikembangkan sehingga selagi menikmati fasilitas konsumsi, juga bisa menambah ide-ide pengembangan kewirausahaan.
sumber

Filed under: MAHASISWA Leave a comment
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

No trackbacks yet.